Sabtu, 07 Januari 2012

Menggeser, Memutar dan Mengatur Skala pada 3ds Max

Pada aplikasi CorelDRAW sampeyan sudah mengenal perintah-perintah Transformasi tapi kita hanya bekerja pada ruang 2D, pada 3ds Max juga ada fitur2 Transformasi dengan perintah yang lebih luas karena kita bekerja dengan ruang 3D, dalam hal ini kita harus memahami sumbu koordinat sistem (X,Y,Z) yang bertujuan sebagai penunjuk arah object, seperti move, rotate, scale (pada CorelDRAW  dikemas dalam satu menu yang namanya Pick tool)

Adapun futur2nya sebagai berikut;

Select and Move;
Adalah fitur yang digunakan untuk menggeser object


Keterangan;
  1. Untuk menggeser object dengan bebas
  2. Anak panah untuk menggeser menggeser object dengan acuan Sumbu, Merah=X, Hijau=Y, Biru=Z


Select and Rotate;
Adalah fitur yang digunakan untuk memutar object


Keterangan;
  1. Merah untuk memutar dengan acuan sumbu X
  2. Hijau untuk memutar dengan acuan sumbu Y
  3. Biru untuk memutar dengan acuan sumbu Z


Select and Scale;
Adalah fitur yang digunakan untuk mengatur besar kecilnya object



Keterangan;
  1. Untuk merubah besar kecil dengan porposional dengan acuan sumbu XYZ
  2. Untuk merubah besar kecil hanya dua sumbu saja seperti XY, XZ, YZ, sehingga tercipta object yang lonjong menyamping
  3. Untuk merubah besar kecil berdasarkan satu sumbu yaitu; X, Y, Z, sehingga tercipta object yang lonjong 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar